Berusahalah menjadi Seseorangg yang "beda"

Rabu, 02 Mei 2012

Sepenggal Mengenai AIRSOFT


Mainan airsoft atau airsoft gun, memiliki bentuk luar yang merupakan replika dari senjata api . Airsoft gun berskala 1:1 dengan senjata asli, namun sistem kerja airsoft gun tidak sama dengan senjata api. Di dunia airsoft, sangat tabu (dilarang) untuk menyebut airsoft dengan sebutan "senjata". Mainan ini menggunakan BB (Bullet Ball) sebagai pelurunya. Dengan kecepatan lontaran BB biasa disebut FPS (Feet Per Secon) berkisar antara 200 s/d 500++.

Airsoft Guns dibagi menjadi tiga jenis utama berdasarkan tenaga penggeraknya : 
 Spring (berpenggerak pegas)
Peluru ditembakan oleh per, dan harus dikokang setiap sebelum menembak jadi tidak bias otomatis (sekali kokang sekali tembak). Yang menggunakan sistem ini biasanya digunakan untuk Sniper, karena membutuhkan FPS yang tinggi yaitu lebih dari 500 FPS.


AEG "Automatic Electric Gun" atau AEG bertenaga listrik, bisa Rifle atau Sub Mechine Gun.
AEG dirancang untuk pemain lebih serius atau penggemar Tweaking atau upgrade. AEG menggunakan motor / dinamo elektrik yang dijalankan dengan tenaga baterai yang menggerakkan pinion. Lalu pinion tersebut menggerakan gearset yang menggerakkan piston sehinga per tertarik. Lalu ketika telah sampai di ujung gigi piston, per akan mendorong piston sehingga akan menyebabkan tekanan angin yang mendorong peluru. Dan memungkinkan untuk menembak secara otomatis. AEG adalah jenis yang paling populer dan ideal untuk rata-rata pengguna.
Ada beberapa varian dari jenis elektik ini:
AEP "Automatic Electric Pistol" sama dengan AEG namun untuk pistol rata menggunakan Gearbox plastic.
LPEG "Low Power Electric Gun" atau LPEG sama dengan AEG namun menggunakan Gearbox plastik sehingga kecepatan pelurunya terbatas, cocok untuk pemula atau low buget

Gas
GBB "Gas Blow Back" atau GBB adalah produk yang paling efektif, dalam kinerja airsoftgun jenis GBB, peluru di dorong oleh tekanan dari Gas. Mainan dioperasikan dengan menggunakan gas tekanan tinggi, yang biasanya berupa campuran propana dan polysiloxane biasanya disebut green gas dan ada juga green gas yang berkekuatan lebih tinggi daripada green gas atau setara dengan CO2.
Semua GBB diproduksi dengan kualitas tinggi detail permukaan maupun dimensi.
Blow Back artinya unit dapat menghasilkan hentakan dari pergeseran slide, dah bahkan slide dapat mengunci kebelakang kalau BB di magazine udah habis. Ada juga unit dengan sistem Gas tapi tidak ber Blow Back.

Peluru airsoft
Peluru yang dipergunakan berbentuk bulat berbahan plastik padat dan biasa disebut BB (Ball Bearing/Bullet Ball). Ukuran butiran ini berdiameter 6 mm dengan berat bervariasi dari 0.12 gram, 0,20 gram, 0.25 gram, 0.30 gram. Ada beberapa ukuran khusus peluru berukuran tersebut mencapai berat 0.80 gram yang tidak boleh dipakai untuk skirmish atau war game karena terbuat dari besi atau kaca atau gotri. sebenarnya peluru atau BB's airsoft yang boleh dipakai hanyalah yang berukuran 6mm dan terbuat dari plastik sehingga membuat airsoft tidak berbahaya

Perlengkapan pendukung permainan Airsoft

Untuk melakukan permainan ini peserta diwajibkan mengenakan perlengkapan pengaman lengkap, seperti:
       Seragam militer.
      Hal ini menghindari BB (peluru airsoftgun) mengenai langsung ke kulit. Karena bias bentol-bentol dan di jarak tertentu bisa berdarah. Seragam yang digunakan oleh komunitas airsoft tidak boleh mengenakan seragam TNI dan POLRI.
       Kacamata Pelindung
    Sebagian besar yang digunakan adalah Google, karena dinilai lebih aman daripada kacamata biasa. Persyaratan di club saya untuk google/kacamata baru di test dulu ditembak dengan jarak 1m dengan airsoftgun ber FPS 400an, kalo retak/pecah ya beli lagi daripada beresiko digunakan untuk bermain.
    Rompi / Vest (ciras, swat dan lainnya), kneepad, elbow pad, sarung tangan, helm ( MICH, dan lainnya) dan Sepatu.

Aturan permainan
Bermain Airsoft harus lebih jujur dan sportif. Karena berbeda dengan Paint Ball yang berbekas kalo peluru mengenai sasaran, BB airsoft tidak menimbulkan bekas yang kentara, kecuali terkena di bagian yang tidak berpelindung, bias bentol-bentol kaya jerawat bengkak. Peserta yang terkena BB (Hitt) member tanda dengan mengangkat tangan/mengangkat unit yang kemudian berkumpul di safety area.

Yang harus diingat dan dijadikan pedoman, Airsoftgun hanyalah unit untuk bermain dan menyalurkan hobby. BUKAN ALAT UNTUK PERTAHANAN DIRI  APALAGI UNTUK MENAKUT-NAKUT TERLEBIH UNTUK MELAKUKAN TINDAKAN KRIMINALI!!!. Jadi unit airsoftgun tidak boleh di tenteng-tenteng kemana-mana, hanya boleh dibawa untuk digunakan pada saat bermain. Membawa unit inipun harus menggunakan tas (Gun Bag) sehingga tidak terlihat dan menghindari dari asusmi negative dari orang yang melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar